DiNRa’s Big Five Personality Test

Hey hey semuaa..

How are you to day??? I hope everything goes well, yah🙂

Tulisanku kali ini terinspirasi dari sebuah lagu. Tapi aku lupa itu lagu judulny apa dan siapa penyanyinya😀 soalnya cuma didengerin sepintas lalu aja di radio waktu ngerjain tugas. tapi ada liriknya yang bikin aku terinspirasi.

Karena perbedaan kita saling mencintai” begitulah kurang lebih liriknya.

aku merasa ‘tersindir’ waktu itu (halah, bahasanya lagi). Soalnya begitu juga yang terjadi pada diriku dan sang kekasih.

Kami adalah sepasang anak manusia yang ‘antik’. Aku tipe wanita yang kalem, tak banyak bersuara, tapi banyak maunya. sementara dia adalah pria yang ceria, memiliki daftar keinginan yang sederhana dan kadang cerewet. hihihihi.. jadinya bisa ditebak kan hadirin, kalau salah satu dari kami marah ,ekspresinya akan bertolak belakang dari sifat kami masing-masing. Aku kalau marah bisa ‘ngamuk’ sambil menangis seperti orang depresi parah:D sementara dia yang sehari-harinya banyak cerita, malah sanggup lama berdiam-diam. sangat kontras, tapi inilah adanya kami berdua.

Mau bukti lebih konkrit??? coba perhatikan hasil tes dibawah ini. pada suatu kesempatan, kami berdua sama-sama menguji kepribadian kami lewat salah satu situs internet yang menyediakan tes personality. namanya The Big Five Personality Test. Sebuah hasil yang membuat kami ngakak sejadi-jadinya muncul dimonitor. yuk, mari dibaca🙂

  1. Dari segi Openess to Experience/Intellect, Skor yang tinggi menunjukkan sifat yang orisinil artinya tidak suka meniru, kreatif, ingin tahu dan menyukai hal-hal yang rumit. Skor rendah menunjukkan sifat yang konvensional, biasa saja, rendah hati, sedikit ketertarikan terhadap sesuatu dan tidak kreatif. Aku mendapat skor 41 (skor tertinggi adalah 100) dengan penjelasan bahwa aku tipe orang yang tidak begitu tertarik dengan sesuatu yang baru. Sementara sang kekasih keluar dengan skor 65 dengan keterangan bahwa ia adalah orang yang secara relatip menyenangi dunia yang baru. Satu kontras terbuka😀
  2. Dari segi Conscientiousness, Skor tinggi menunjukkan sifat yang dapat dipercaya, teratur dan rapi, disiplin tinggi, sangat berhati-hati. Sebaliknya kalau skor rendah berarti dia tipe orang yang suka berantakan, tidak mandiri dan kadang-kadang lupa dan lalai. Skor ku 94, teman-teman!!! Aku memang terkenal dengan tipe wanita yang idealis dan perfeksionis, oleh karena itu aku menyenangi sesuatu yang rapi, teratur, target tinggi dan disiplin. Ada penjelasan tambahannya lho bahwa aku adalah orang yang dapat diandalkan.😉 sementara sayangku, skornya 46. Jauh ya bedanya????:D sedikit lagi mencapai skor pertengahan yaitu 50, artinya dia tidak begitu rapi tapi tidak juga terlalu berantakan. Berbeda lagi kan????
  3. Dari segi extraversion, skor tinggi disini berarti orang yang ramah dan suka bergaul, menyukai hal-hal yang lucu dan senang berbicara. Sementara kalau skornya rendah, artinya orang yang tertutup dan lebih suka memikirkan dirinya sendiri (introvert), pendiam, tak ramah, suka menyendiri, kalem dan pemalu. Mau tahu skor ku berapa? Cuma 18. Rendah sekali!!! Aku adalah tipe orang yang suka menghabiskan banyak waktuku untuk berpikir dan menyendiri. Si dia dapat skor 79. Mantaplah!! Penjelasannya dia seorang yang suka bersosial dan berkumpul dengan banyak orang dan teman. Lagi-lagi tak sama.
  4. Dari segi Agreeableness, skor tinggi membuktikan seseorang yang baik hati, simpatik, pemaaf dan sopan. Kalau skor rendah berarti seseorang yang kritis, suka mencela, kasar, tidak sopan, keras dan tidak mempunyai perasaan. Aku bangga banget sama my honey, skornya berapa tebak? Nyaris sempurna, man!! 96!!!!! I do adore you, sayang . Ditambah lagi keterangan bahwa ia juga orang yang sportif. Kalau aku, agak memalukan sih. aku berada tepat ditengah yaitu 50. Jadi bisa ditebak aku orangnya kadang bisa sangat baik tapi disatu sisi juga bisa sangat emosional dan pendendam. Beda lagi yaa???
  5. Dari segi Neuroticism, kalau skor tinggi artinya bersifat gampang gugup, gelisah, khawatir, takut, sering merasa tidak aman dan pencemas. Kalau skor rendah berarti tipe yang kalem, santai, aman pada diri sendiri dan orang lain, sabar, tabah dan tahan. Aku kembali keluar dengan hasil di pertengahan yaitu 55. Benar, aku bukan tipe yang selamanya gampang gugup, kadang juga bisa sangat berani dan lantang tapi kadang bisa juga ketakutan setengah mati dan cemas tidak karuan. Untungnya aku punya seseorang yang mampu meredam semua ketidakkaruan ku ini, soalnya Sang Doi skornya nyaris sempurna lagi, bayangkan pemirsa, bisa hasilnya hanya 1. Gag sekalian aja 0 gitu. Tapi manusia gag ada yang sempurna ya. Penjelasannya disitu ditulis “anda benar-benar orang yang tenang, santai bahkan di kondisi yang tegang, rumit dan panas sekalipun”. Wow!!!! Selamat ya bebek :p

nah, udah makin jelas kan kalau sebenarnya kami itu benar-benar tidak punya kesamaan dari segi sifat. tapi bisa saling menyayangi ya karena masing-masing merasa pasangannya itu unik. dia menilai aku unik, begitupun aku dengan dirinya. terbukti bahwa cinta bisa hadir dengan berbagai alasan bahkan dari sesuatu yang terlihat tidak mungkin sekalian.

 

Write Your Words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s