Manfaat Pisang

kembali lagi menulis🙂

coba tebak ini buah apa namanyaaaa????

yapp, ini namanya Buah Pisang!!! Hayooo siapa yang suka makan pisang???

salah satunya adalah diriku. aku suka banget sama buah berwarna kuning ini. rasanya 1 tandan pun kurang dalam sehari (halah, lebbay buangeett).

Aku menyukai pisang karena rasanya yang enak, teksturnya yang lembut jadi bisa diemut. hehehehehe.. dan satu lagi karena pisang punya SEABREK manfaat bagi kesehatan tubuh.

ini aku tuliskan manfaat pisang yang telah aku rangkum dari beberapa sumber..

Pisang dikenal sebagai salah satu makanan super bagi para atlet dan pakar kesehatan. Pisang mengandung tiga alami yaitu fruktosa, glukosa dan sukrosa.

  • Sumber Kekuatan Tenaga

Buah pisang adalah makanan yang sangat mudah dicerna. Gula yang terdapat di dalam buah pisang diubah menjadi seumber tenaga yang bagus secara cepat oleh organ pencernaan. Tenaga ini berguna untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan baik sekali untuk memulihkan tenaga akibat kelelahan.

  • Meningkatka Konsentrasi

     Pisang mengandung banyak kalsium yang dapat membantu kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan. Ada beberapa pendidikan berbasis penelitian menunjukkan bahwa makan pisang sebelum sekolah, saat istirahat dan makan siang dapat meningkatkan kinerja otak. Di dalam pisang juga terdapat kandungan vitamin B yang membantu menenangkan saraf.

  • Pengendali Mood

     Salah satu gangguan mood berat adalah depresi. Di dalam pisang terkandung protein tryptophan yang nantinya di dalam tubuh akan diubah menjadi serotonin yang berfungsi untuk memperbaiki mood, membuat para penderita depresi menjadi lebih rileks dan membuat bahagia. Bagi para wanita, gangguan mood sering terjadi pada masa PMS. Nah,  Pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur kadar gula darah dan memberikan efek positif pada suasana hati menjelang menstruasi. Disamping itu, kandungan potassium pada pisang bermanfaat sebagai pengendali stress.

  • Kesuburan Kaum Pria

     Selain mengandung vitamin A, B1 dan C pisang juga mengandung protein khusus untuk kaum pria. Untuk mendapatkan manfaatnya, kaum pria bisa mengonsumsi buah pisang 3x dalam sehari. Tidak hanya itu, ternyata pisang juga ampuh untuk kesehatan tulang karena kaya akan vitamin D.

  • Kecantikan Wanita

     Bagi wanita yang memiliki masalah waja berjearawat dapat menggunakan masker pisang untuk membantu penyembuhan jerawat. Bubur pisang dicampur madu dengan sedikit susu lalu dioleskan pada wajah selama 30-40 menit setiap hari. Setelah selesai bilas dengan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin/es. Lakukan cara ini secara konsisten selama 15 hari dan lihat sendiri perubahan yang terjadi pada wajah.

  • Membantu Kebiasaan Merokok

     Pisang telah ditunjuk untuk membantu kebiasaan merokok, karena memiliki kandungan vitamin B12 dan B6 yang bersama dengan kalium dan magnesium membantu memulihkan fungsi paru-paru dari efek penghentian nikotin.

  • Manfaat Bagi Penderita Lever

     Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi dua buah pisang + 1 sdm madu setiap hati. Ini dipercaya dapat menambah nafsu makan dan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

  • Mengatur Berat Badan

     Pisang mempunyai peranan yang cukup penting dalam upaya penurunan dan penaikan berat badan. Telah terbukti seseorang dapat menurunkan berat badan dengan berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu. Jumlah kalori untuk menu ini adalah 1250 dan menu ini cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut dapat membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang dan mangga sesudah makan mampu membantu menaikkan berat badan.

      Untuk jenis buah pisang yang mau dikonsumsi tidak ada criteria khusus. Namun tetap ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu kondisi pisang itu sendiri apakah layak konsumsi atau tidak. Sebaiknya tidak memilih pisang yang memiliki corak atau sudah terdapat warna hitam pada kulitnya. Pilihlah pisang yang masih bagus bentuknya sehingga anda terbebas dari penyakit.

Nah, udah tahu kan luar biasanya si pisang ini. bagi kamu-kamu yang belum menyukai pisang, yuk belajar mencintai pisang. udah rasanya enak, lunak, mudah didapat, murah dan sejuta manfaat lagi. kurang apalagi coba????🙂

Write Your Words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s